Pentingya ASI

Penting untuk ortu: it’s all about ASI 

 

Kiriman dari : ( Widyastuti Suprato : nsyid-indnesia@ yahoogroups. com ) 

 

  Assalamualakum wr wb, Artikel ini aku rasa cukup penting untuk menambah pengetahuan mengenai misteri ASI dan meluruskan banyak pemahaman yang salah mengenai hal tersebut. Berhubng banyak yang memulai keluarga baru (atau akan) maka bagus banget kalau anda membaca sedikit hal yang akan saya bagi. Ini bukan karena saya major banget di sini, tapi karena saya sendiri amaze sama hal yang baru saya tau ini…hehehe. Dan ini ga khusus ibu-ibu. Tapi juga anda calon bapak yang sayang calon istri dan calon anak. ya meski masih calon judulnya. ASI, semua orang tahu banyak sekali keuntungan ASI. Mulai dari kandungannya yang memang subhanallah memenuhi semua yang dibutuhkan bayi, harganya juga sangat ekonomis. Bayangkan anda tidak perlu membeli susu formula yang sebulan bisa ratusan ribu selama 4-6 bulan hanya dengan ikut ASI eksklusif. Ini bukan masalah harga sih, tapi ini justru yang terbaik buat bayi.. Juga buat ortu. ASI juga media yang sangat efektif untuk menumbuhkan psikis anak dan daya kembang otak anak. Juga naluuri keibuan.  Seorang ibu hendaklah aware ASI sejak masa kehamilan. Ga bener kalo baru kepikiran ASI setelah melahirkan. Breast care harus dilakukan sedini mungkin. Apalagi setelah melahirkan. (ini hal yang sering terlupakan untuk ibu-ibu muda) Setelah melahirkan pastikan bayi anda ada di dekat anda sesegera mungkin. Di rumah sakit sistem ini disebut rawat gabung. Yaitu memberikan bayi pada ibu sesegera mungki setelah melahirkan untuk banyak tujuan. Jika anda kebetulan melahirkan di rumah sakit atau bidan yang tidak melakukan sistem rawat gabung, maka anda berhak berinisiatif untuk meminta bayi anda secepatnya. Ya itu hak anda. Itu anak anda. Jangan sampai anda baru melihat andak anda keesokan harinya karena sang bayi ditempatkan di tempat khusus bayi. Ya kecuali persalinan anda tidak normal sehingga bayi harus diingkubator atau anda harus istirahat total (operasi caesar mungkin). Dengan adanya bayi di dekat ibu secepatnya banyak sekali keuntungan yang didapat. Ibu bisa menyusui bayi secepatnya. Bayi tuh harus minum ASI dalam 30 menit pertama lho!!! Dan ASI yang pertama (kolustrum) yang berwarna kuning itu sangat-sangat baik untuk imunitas bayi. So jangan pernah kelewatan momen ini. Kejar 30menit awal anda!! keuntungan kedua, si ibu mulai mengenal anaknya dan belajar banyak bagaimana merawat anak. Ga gampang lho berhubungan dengan makhluk kecil itu. Keuntungan ketiga… dengan dekat ibu, si bayi bisa disusui sesering dan semau dan sepuas mungkin. Bayangkan kalau ga sistem rawat gabung, si bayi bakalan kelaparan banget. ASI hanya akan membuat kenyang bayi dalam 1,5 jam. Setelah itu dia akan tidur pulas (kalau asinya puas). Lalu menangis untuk minum lagi selanjutnya. Ya itu tiap 1,5-2 jam. Keuntungan ke-empat, dengan rawat gabung ibu dapat memastikan bahwa bayinya tidak diberikan susu formula tanpa sepengetahuannya. Seperti yang dikatakan di atas, bayi hanya akan kenyang dengan ASI hanya untuk 1,5-2 jam. Itu memang sistem yang dibuat oleh sang Pencipta. dengan waktu tenggang yang relatif singkat tersebut, bayi akan terus mendapat asupan yang kontinyu dan cukup. Dan ibu akan terus dapat mengeluarkan ASI. Semakin ibu  sering menyusui, semakin produksi ASI makin banyak Lalu bagaimana dengan ibu yang tidak dapat mengeluarkan ASInya pada awal2 melahirkan? Jawabnya: teruslah menyusui!!! Sering produksi ASI memang 0 pada hari pertama. Dengan adanya stimulus pada payudara ibu, maka hipofisis di otak akan mengeluarkan hormon prolaktin setahap demi setahap untuk mengeluarkan ASI. Sabar. Jangan tergoda untuk langsung memberikan susu formula. Prinsipnya ASI pasti lebih baik dari susu formula apapun!!! Lalu bagaimana dengan bayinya? Bayi itu sudah dibekali cadangan energi untuk 2-4 hari. Jadi dia tetap akan memiliki kecukupan energi.Selain itu dengan tetap menyuruh bayi menyusui, bayi terstimulasi untuk menghisap. karena gaya menghisap bayi pada breast dengan ke botol itu beda banget. Botol telah dirancang sedemikian rupa sehingga hanya dengan sedikit hisapan, susu keluar banyak. Gaya yang dipakai bayi biasanya hanya menggigit. Tapi dengan ASI, bayi terlatih untuk menghisap dan menggunakan lidahnya untuk menghisap. Ini biasa disebut refleks sucking yang memang telah dibekali Sang Pencipta. Kalau bayi terlihat tidak mau menyusui pada awal2? Jangan tertipu. Pada beberapa bayi, itu memang
gaya menyusui mereka. Ada ”
gaya menolak”. Jadi coba terus ya menyusui di awal2 waktu melahirkan.
 Kenapa ibu2 sering gagal dengan tekadnya untuk memberi ASI eksklusif? Karena ada bukti empiris bahwa bayi dengan susu formula lebih kenyang dan lebih tenang. Sehingga si ibu berpikir anak tetap lapar bila hanya dengan ASI. Atau dengan ketenangan susu formula, ibu can do anything else seperti bekerja. Iya, itu memang benar. Susu formula memberi rasa kenyang yang lebh lama pada bayi. Intervalnya sampai 3 jam sampai 2 kali lipat ASI!!! Ini karena komposisi kandungan protein yang berbeda. Kasein di susu formula 2 kali lipat.. Inilah yang membuat bayi kenyang. Tapi apa ini bagus? Kenyang bukan berarti gizi terpenuhi. Kenyang hanya sebuah respon otak. Ambil contoh kita lah. Kalo kita ada deadline kita sering ngerasa ga lapar, ga napsu makan padahal kita belum makan dari tadi. Nah itu juga yang terjadi. Kenyang bayi dengan susu formula bukan berarti dia cukup gizi. Makin lama masa kenyang, makin lama masa dia dapat asupan selanjutnya. Makin dikit yang dia dapat secara keseluruhan. Ditambah lagi komposisi formula yang tidak selengkap ASI. Kok anak saya beratnya turun waktu dikasih ASI? Adalah sebuah keadaan yang fisiologis (normal) berat bayi turun (max 10%) dalam miggu pertama. Dan akan kembali lagi dalam 2 minggu. Jadi itu memang keadaan yang sehat bila tidak melebih batas2 di atas. Ini bukan karena ASI. Kenapa bayi lebih rewel pada malam hari? Para ortu baru pasti merasakan hal ini. Lelahnya saat2 awal punya anak. Penyebab bayi lebih aktif pada malam hari belum jelas. Ada yang bilang karena masih mengikuti irama hidup dalam kandaungan yang lebih aktif dalam malam hari. Tapi subhanallahnya ternyata kadar prolaktin (hormon penghasil susu) meniggi di malam hari pada ibu. dan produksi ASI lebih banyak. Jadi ini seperti sudah disiapkan ALLAH untuk kebutuhan sang bayi. Jadi ya memang begitu. harus ikhlas ya bu pak……mungkin itu akan membut kita harus QL tiap malam. Bagaimana cara menyusui yang benar? Ambil posisi yang nyaman. perut bayi bersentuhan dengan perut ibu, ada kontak mata mata ibu dan anak, bibir bawah bayi memenuhi seluruh areola (daerah hitam sekitar puting), bayi terlihat minum dengan puas. Apa indikasi puasnya bayi menyusui? ada indikasi objektif dan subjektif. Subjektifnya bayi tertidur pulas setelah menyusui, bayi menolak menyusui lagi setelh beberapa puluh menit menyusui, bayi bersendawa jika ditepuk punggungnya, dll. Sedangkan indikasi objektifnya berat bayi turun max 10% pada minggu pertama dan naik lagi dalam 2minggu. Bayi kencing 6 kali atau lebih dalam 24 jam dan pertumbuhan bayi sesuai KMS, dll Apa sih ASI eksklusif? Yaitu pemberian ASI saja (bahkan air putihpun tidak!) selama 4-6 bulan. Setelah waktu eksklusif itu mulai dikenalkan pendamping ASI, contohnya bubur susu, susu formula sampai berlanjut ke bubur nasi. Hasilnya? Subhanallah. Ada hal lain selain ASI nih. Untuk ibu2 yang mulai kasih makanan bubur nasi atau nasi tim, jangan lupa vitamin A dan minyak untuk anak. Kandungan minyak sangat dibutuhkan anak. Bisa diberi dalam bentuk yang digoreng, santan2an atau margarin. Ada kebutuhan lemak yang sering loss dari masyarakat indonesia karena kulturnya yang hanya memberi sayur bening atau sayur bayam pada nasi tim. dan harap diingat untuk tidak memberi makanan dengan prisip padat volume, tapi berikan padat gizi. Makanan yang halal dan thoyib sangat penting di dua tahun pertama anak. Karena dalam 2 tahun pertama itu perkembangan otak sangat pesat. Jangan sampai golden period itu terlewat dengan tidak terdampingnya anak dengan makanan yang bergizi dan kehadiran psikis dan ruhani yang bergizi pula. Yadah gitu aja. Semoga hal ini semakin menguatkan para ibu dan bapak untuk memberi yang terbaik bagi anak anda. Khusus bagi ibu muda: jihad kita ada pada keluarga. ALLAHU AKBAR!!! wassalamualaikum wr wb 

   

~ oleh Siti Maryam Ali Noordien pada Februari 15, 2007.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: